Etalase Barang Impor Luxury

2 Hal Ini Wajib Diketahui Penderita Diabetes Sebelum Menggunakan Obat Herbal

Jakarta - Diabetes adalah kondisi kesehatan yang ditandai oleh tingginya kadar gula (glukosa) dalam darah. Hal ini dapat terjadi karena tubuh tidak dapat memproduksi atau menggunakan insulin dengan efektif. 

Insulin adalah hormon yang penting untuk mengatur kadar gula dalam darah. Diabetes dapat memengaruhi kesehatan secara menyeluruh dan memerlukan manajemen perawatan yang baik, termasuk pengaturan pola makan, olahraga, dan penggunaan obat-obatan.

Namun begitu, obat herbal sering menjadi opsi alternatif bagi penderita penyakit, termasuk diabetes, selain obat resep dokter. 

Dr. Cipto Mangunkusumo, Tri Juli Edi Tarigan, seorang spesialis penyakit dalam di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN), memberikan pandangannya terkait penggunaan obat herbal pada penderita diabetes.

Menurut Tri Juli, sebelum mencoba pengobatan herbal, penderita diabetes perlu memahami dua hal penting. Pertama, pentingnya adanya studi dan bukti yang menunjukkan bahwa pengobatan herbal tersebut aman dan efektif. 

Informasi mengenai bahan herbal harus dicari terlebih dahulu oleh pasien, dan pengobatan herbal lebih baik jika sudah teruji hasilnya melalui penelitian yang dilakukan oleh para ahli, khususnya dalam menstabilkan gula darah.

Tri Juli menyarankan mencari penelitian obat herbal yang melibatkan banyak kelompok, bukan hanya penderita diabetes, tetapi juga kelompok kontrol atau orang tanpa diabetes. 

Hal ini dapat memastikan hasil pengobatan melalui bukti yang kuat. Apabila pengobatan herbal masih berdasarkan testimoni atau pengalaman pribadi tanpa penelitian yang mendukung, pasien diabetes disarankan untuk menimbang ulang keputusan tersebut.

Hal kedua yang perlu dipenuhi sebelum pasien diabetes mencoba pengobatan herbal ialah harus tetap meminum obat yang telah diresepkan dokter agar tetap bisa menjaga kondisi gula darah stabil. Obat yang diresepkan dokter pada penderita diabetes biasanya telah disesuaikan dengan kondisi tubuhnya, apabila dihentikan besar kemungkinan kondisi kesehatannya dapat menurun.

"Pengobatan herbal boleh dijalankan, asalkan obat yang diresepkan dokter tetap diminum," pesan Tri Juli, menekankan pentingnya keseimbangan antara pengobatan herbal dan resep dokter.

Baca Juga

Baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال