Etalase Barang Impor Luxury

Begini Cara Catat Meter Mandiri Lewat PLN Mobile, Bisa Kontrol Pemakaian Listrik!


Medan - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara semakin aktif mempermudah pelanggan pascabayar dalam memantau penggunaan listrik setiap bulan. Lewat fitur inovatif "Catat Meter" yang dapat diakses melalui aplikasi PLN Mobile, kini pelanggan dapat mengetahui pemakaian listrik bulanan sebelum tagihan resmi diterbitkan.

Awaluddin Hafid, General Manager PLN UID Sumatera Utara, menjelaskan bahwa layanan Catat Meter adalah solusi canggih bagi pelanggan untuk memperkirakan dan mengontrol pemakaian listrik bulanan mereka sendiri.

"Dengan fitur Catat Meter, pelanggan pascabayar dapat mengetahui perkiraan tagihan listrik dan mengontrol pemakaian listrik bulanan. Pencatatan meter mandiri dapat dilakukan antara tanggal 23 sampai 27 setiap bulan," ujar Awaluddin.

Awaluddin menambahkan pelanggan juga tidak perlu khawatir kesulitan melakukan pencatatan meter mandiri melalui fitur tersebut. Karena, langkah-langkah membaca meter mandiri melalui aplikasi PLN Mobile sangat mudah, berikut tahapannya:

1. Buka aplikasi PLN Mobile
2. Pilih menu Catat Meter
3. Pilih mulai swacam & foto angka stand meter yang ada di kWh meter
4. Pilih ID Pelanggan
5. Masukan angka stand meter
6. Kirim

Hasilnya, estimasi biaya tagihan listrik akan muncul, dan tagihan resmi akan diterbitkan setiap awal bulan berikutnya. Pembayaran listrik pun bisa dilakukan dengan cepat dan mudah melalui Aplikasi PLN Mobile," jelasnya.

Dia menegaskan layanan Catat Meter mandiri di PLN Mobile telah mengikuti perhitungan sesuai Peraturan Menteri ESDM Nomor 28 Tahun 2016.

"Selain memberikan perkiraan tagihan lebih awal, fitur catat meter mandiri juga menjaga privasi pelanggan, karena tidak memerlukan petugas PLN untuk masuk ke halaman rumah guna melakukan pencatatan meter di kWh meter," tambah Awaluddin.

Awaluddin berharap kehadiran berbagai fitur unggulan di PLN Mobile dapat memudahkan pelanggan mengakses seluruh layanan tanpa harus ke kantor PLN. Mulai dari pemasangan baru, penambahan daya, pembayaran tagihan, hingga pembacaan meter mandiri.

"Para pelanggan dapat mengunduh aplikasi PLN Mobile secara gratis melalui AppStore atau PlayStore," tutup Awaluddin, mengajak semua untuk merasakan kemudahan akses dan pengelolaan layanan listrik secara modern.

(*)



Baca Juga

Baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال