Etalase Barang Impor Luxury

Ombudsman RI Dukung Pengembangan RSU Haji Medan: Upaya Perbaikan untuk Pelayanan Publik Unggul


Medan - Ombudsman Republik Indonesia (RI) memberikan dukungan penuh untuk pengembangan fasilitas layanan Rumah Sakit Umum (RSU) Haji Medan di Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Kunjungan Ombudsman ke RSU Haji Medan pada Senin (22/1/2024) bertujuan untuk mengamati langsung realitas pelayanan publik di rumah sakit ini.

Anggota Ombudsman RI, Dadan S Suharmawijaya menyatakan evaluasi terhadap progres RSU Haji Medan sangat penting. Menurutnya, pelayanan publik yang berkualitas tidak hanya memenuhi standar pelayanan atau quality control, melainkan juga memerlukan quality improvement.

"Selain melihat kondisinya secara nyata, kita juga melihat progres-progres RSU Haji ini seperti apa, karena kualitas pelayanan publik yang prima tidak semata memenuhi standar pelayanan atau quality control, tetapi juga harus ada quality improvement," kata Dadan Suharmawijaya.

Ombudsman juga memberikan apresiasi terhadap visi RSU Haji Medan dalam melayani masyarakat. Salah satu inisiatif yang dipuji adalah rencana pembangunan beberapa tower layanan serta peningkatan kapasitas kamar dari 200 kamar menjadi 400 kamar. Menurut Dadan, pembangunan tower tersebut adalah suatu kebutuhan yang mendesak, mengingat peningkatan jumlah pasien di Poliklinik dan rawat inap yang signifikan.

"Tentu basic pembangunan tower itu adalah kebutuhan, dan kami lihat kebutuhan itu memang realitas dengan banyaknya jumlah pasien di Poli, rawat inap begitu membludak, sehingga memang perlu ada peningkatan," ungkapnya.

Meskipun pelayanan di RSU Haji Medan dinilai bagus, Dadan mengungkapkan bahwa standar fasilitas masih menjadi tantangan. Kondisi ini menciptakan dilema antara upaya manajemen RSU Haji untuk memperlihatkan pelayanan yang optimal dan kenyataan bahwa jumlah pasien tidak dapat dibatasi, mengakibatkan antrean panjang dan kepadatan pasien.

"Direktur RSU Haji Medan ingin mempercepat pembangunan fasilitas sehingga tumpukan pasien tidak lagi seperti sekarang ini. Oleh karena itu, kita harus mendukung pengembangan fasilitas kesehatan RSU Haji," ungkapnya.

Direktur RSU Haji Medan Provinsi Sumut, dr. Rehulina Ginting, menambahkan bahwa RSU Haji Medan berencana menambah fasilitas pada tahun 2025. Namun, tim RSU Haji Medan akan segera memperbaiki situasi ramai saat ini dengan menambah ruang tunggu khusus untuk spesialis jantung, sehingga antrean di area pendaftaran tidak terlalu padat.

"Ke depan, kami juga akan membangun satu tower untuk Unit Gawat Darurat (UGD) dan Poliklinik guna mengakomodasi jumlah pasien yang terus meningkat, dengan hampir 500 pasien rawat jalan setiap harinya. Alhamdulillah, RSU Haji Medan menjadi pilihan utama masyarakat," tutupnya.(*)



Baca Juga

Baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال