Etalase Barang Impor Luxury

Rapel Bansos Jokowi Sampai 3 Bulan Telan Anggaran Rp11 Triliun


Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan program bantuan sosial (bansos) baru dalam bentuk bantuan langsung tunai (BLT) senilai Rp200 ribu per bulan dari Januari hingga Maret 2024. Bantuan senilai Rp11,2 triliun ini diumumkan dalam konteks kampanye Pemilu 2024.

Bantuan tunai sebesar Rp200 ribu per bulan akan disalurkan sekaligus pada bulan Februari 2024 kepada 18 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut bahwa bantuan tersebut akan dirapel, sehingga warga akan menerima total Rp600 ribu pada bulan tersebut.

"Diberikan langsung tiga bulan pada Februari," pungkas Sri Mulyani di Kantor Kemenko Perekonomian, Senin (29/1).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan bahwa BLT ini akan disertai dengan bantuan beras sebanyak 10 kilogram. Pemberian bantuan pangan berupa beras dijadwalkan akan diperpanjang hingga Juni 2024.

"Bantuan pangan beras sampai Juni sebesar 10 kg, dan BLT dengan judul mitigasi risiko pangan untuk tiga bulan," kata Airlangga.

Program bansos ini akan dievaluasi setiap tiga bulan, dan jika terbukti bermanfaat bagi masyarakat, ada kemungkinan perpanjangan.

"Jumlahnya Rp200 ribu per bulan, sehingga tentu ini baru kita anggarkan, yang disetujui Bu Menkeu dan dievaluasi 3 bulan. Jadi sampai Maret dulu, nanti kita evaluasi baru berikutnya kita lihat lagi," pungkasnya.

Baca Juga

Baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال