Etalase Barang Impor Luxury

Kenaikan Harga Beras Pecahkan Rekor di Era Jokowi



disrupsi.id - Medan | Kenaikan drastis harga beras mencapai puncak tertinggi dalam sejarah di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).


Pedagang pasar tradisional melaporkan bahwa harga beras, terutama yang medium dan premium, melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah, mencapai Rp18 ribu per kilogram.

Sekretaris Jenderal Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI), Reynaldi Sarijowan, mengungkapkan kesulitan mendapatkan stok beras berkualitas di pasar. Harga beras premium bahkan mencapai Rp18.500 per kilogram, mencetak rekor tertinggi di era Jokowi.

"Ya (harga beras premium Rp18.500 per kg tertinggi di era Presiden Jokowi). Hati-hati, jika pasar tradisional stok berasnya tidak melimpah tentu akan terganggu distribusi pangan rakyat yang ada di pasar," ujarnya kepada disrupsi.id, Selasa (13/2).

Reynaldi menyindir penyaluran bansos beras 10 kg menjelang Pilpres 2024, menyatakan bahwa hal ini memicu ketegangan stok beras di pasar.


"Tentu menteri yang terkait dalam hal ini, seperti Menteri Perdagangan (Zulkifli Hasan) dan Menteri BUMN (Erick Thohir) yang memang secara 'telanjang' mendukung paslon tertentu. Namun, tidak memperhatikan nasib petani kecil kita, pedagang kecil kita," kritik Reynaldi.


Menurutnya, lonjakan harga beras adalah bukti ketidakseriusan pemerintah dalam menangani isu ini, serta perlunya perbaikan dalam tata niaga pangan. Reynaldi menegaskan perlunya perubahan agar situasi seperti ini tidak terus berulang.


Berdasarkan Peraturan Badan Pangan Nasional No 7 Tahun 2023, HET beras berlaku sejak Maret 2023 adalah Rp10.900 per kg medium, sedangkan beras premium Rp13.900 per kg untuk zona 1 yang meliputi Jawa, Lampung, Sumsel, Bali, NTB, dan Sulawesi.


Sementara, HET beras di zona 2 meliputi Sumatera selain Lampung dan Sumsel, NTT, dan Kalimantan dipatok Rp11.500 per kg medium dan beras premium Rp14.400 per kg. Sementara di zona ke 3 meliputi Maluku dan Papua, HET beras medium sebesar Rp11.800 per kg, dan untuk beras premium sebesar Rp14.800 per kg.


Adapun berdasarkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategi Nasional (PIHPS), harga beras kualitas medium per Jumat (23/2) dipatok di Rp15.500-Rp15.650 per kg. Sementara beras kualitas super di kisaran Rp16.500-Rp17.000 per kg.


Situasi ini memicu keprihatinan terkait distribusi pangan rakyat di pasar tradisional.



Baca Juga

Baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال