Etalase Barang Impor Luxury

PLN Gunakan EBT Dukung Ajang Internasional F1H2O di Danau Toba


disrupsi.id - Medan | Komitmen PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara dalam mendukung target pemerintah mencapai net zero emission pada tahun 2060 juga melibatkan sektor pariwisata. Pada perhelatan tahun kedua kejuaraan dunia balap perahu super cepat F1 Powerboat (F1H2O), PLN telah mengambil langkah signifikan dengan menggunakan energi baru terbarukan (EBT).

Menurut General Manager PLN UID Sumatera Utara, Saleh Siswanto, perhelatan kejuaraan dunia tahun ini akan menjadi yang terdepan dalam hal keberlanjutan. Seluruh kebutuhan listrik akan disuplai langsung oleh PLN menggunakan Energi Baru Terbarukan (EBT), berbeda dengan tahun sebelumnya yang masih mengandalkan genset.

"Kami bangga mengumumkan bahwa seluruh kebutuhan kelistrikan akan disuplai oleh PLN melalui sumber energi yang ramah lingkungan," ungkap Saleh.

PLN UID Sumatera Utara telah menyiapkan dua pembangkit listrik menggunakan Energi Baru Terbarukan (EBT) untuk mendukung kebutuhan selama kejuaraan internasional tersebut. Pembangkit tersebut antara lain PLTM Hutaraja dengan kapasitas 2x2,5 MW dan PLTM Aek Silang 2 dengan kapasitas 2x5 MW.

Tidak hanya itu, PLN UID Sumatera Utara juga telah memperkuat jaringan back up 20 kV dengan melakukan modifikasi sehingga memudahkan maneuver dan meningkatkan kualitas parameter tegangan yang akan dikirim ke Balige. Modifikasi ini juga akan meningkatkan akses untuk memanfaatkan pembangkit EBT, khususnya PLTM Aek Silang 2, sebagai back up untuk kebutuhan sistem Balige selama perhelatan.

"Dengan penggunaan EBT mencapai 40.49 persen, Sumatera Utara menjadi wilayah penggunaan listrik EBT terbesar di Indonesia," tambah Saleh.

Saleh juga menegaskan bahwa PLN UID Sumatera Utara terus melakukan berbagai persiapan untuk menyediakan listrik yang andal dan berkualitas.

"Kami akan menggelar apel siaga kelistrikan dalam waktu dekat dan memastikan semua persiapan telah rampung serta simulasi pengamanan kelistrikan berjalan dengan baik, sehingga gangguan yang tidak diinginkan dapat diatasi dengan cepat," tutup Saleh. (*)






Baca Juga

Baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال