Etalase Barang Impor Luxury

Meutya Hafid: Digitalisasi Kunci Utama Pengembangan Usaha di Era Modern


disrupsi.id - Medan | Digitalisasi bukan lagi pilihan, melainkan kebutuhan bagi para pelaku usaha di era modern. Sebab digitalisasi memberikan kemudahan dalam mengelola dan mempromosikan usaha, serta memberikan akses kepada pelanggan yang lebih luas.

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengatakan digitalisasi telah menjadi kunci utama dalam pengembangan usaha. Perkembangan teknologi digital membuka peluang bagi para pelaku usaha untuk memperluas jangkauan dan memperkuat keberadaan mereka di pasar.

"Dengan memanfaatkan teknologi digital seperti e-commerce, cloud computing, dan media sosial, pelaku usaha dapat meningkatkan efisiensi operasional, memperluas jangkauan pasar, dan menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik, " kata Meutya dalam seminar Literasi Digital dengan tema “Peran Digitalisasi dalam Pengembangan Usaha”.

Namun, Meutya mengingatkan bahwa digitalisasi bukan hanya soal teknologi. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pelaku UMKM agar sukses di era digital, yaitu konsistensi, kreativitas dan inovasi.

"UMKM harus konsisten dalam membuat konten yang menarik dan informatif di platform digital. Kemudian harus kreatif dalam memanfaatkan berbagai platform digital untuk menjangkau pelanggan dan membangun brand awareness. Dan tak kalah penting MKM harus terus berinovasi untuk mengikuti perkembangan teknologi dan tren pasar," pungkasnya.

Oleh karena itu, Meutya Hafid juga mengajak pelaku UMKM untuk sama-sama memanfaatkan digitalisasi sebagai kunci dalam pengembangan usaha.

“Mari bersama-sama mengakui pentingnya digitalisasi dalam mengembangkan usaha, dan terus mendorong pelaku usaha untuk mengadopsi teknologi digital guna mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan dan berdaya saing di pasar global," sambungnya.

Sementara itu, Pendamping UMKM, Fiki Fariansyah menambahkan melalui digitalisasi, pelaku bisnis dapat dengan mudah mengakses informasi yang relevan untuk mengembangkan usahanya. Informasi tentang pasar, harga, dan tren dapat diperoleh dengan cepat melalui internet.

“Pelaku usaha, termasuk UMKM yang sudah memanfaatkan digitalisasi terbukti memiliki ketahanan lebih baik, contohnya selama masa pandemi mereka mampu bertahan bahkan mempertahankan ekonomi Indonesia," ucapnya. (*) 

Baca Juga

Baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال