Etalase Barang Impor Luxury

PLN Kembali Raih Penghargaan Best Green Loan Utility

disrupsi.id - Medan | PT PLN (Persero) meraih penghargaan Best Green Loan Utility pada ajang The Asset Triple A Sustainable Finance Award 2024 di Hong Kong pada 12 Maret 2024. Penghargaan ini diraih atas sindikasi pendanaan hijau senilai US$750 juta yang diperoleh PLN pada tahun 2022.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, mengatakan penghargaan ini merupakan hasil kerja keras seluruh insan PLN dalam menurunkan emisi dan mendukung komitmen green untuk melawan perubahan iklim. Capaian ini memacu semangat PLN untuk mencapai Net Zero Emissions (NZE) pada tahun 2060 atau lebih cepat.

“Penghargaan ini menjadi motivasi bagi PLN untuk terus melakukan transisi energi dalam menghadapi tantangan perubahan iklim. Green loan ini bermanfaat untuk membiayai proyek-proyek hijau PLN, seperti pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB),” ujar Darmawan.

Ia menambahkan, PLN telah menyiapkan berbagai skema kolaborasi nasional maupun internasional, di mana keterlibatan global menjadi penting dalam mendukung transisi energi di Indonesia. Penghargaan dari The Asset yang kembali diraih ini merupakan hasil dari aspek keberlanjutan yang terjadi pada sisi keuangan di PLN.

"Salah satu kunci untuk mencapai target bersama NZE di tahun 2060 adalah kolaborasi investasi. Ke depan, kebutuhan investasi PLN masih cukup besar. Selain green loan, kami juga akan mengeksplorasi skema kolaborasi hijau lain untuk mendukung transisi energi," tegas Darmawan.

Sementara itu, Direktur Keuangan PLN, Sinthya Roesly, memastikan PLN memiliki kondisi keuangan yang sehat dan prudent. Dalam menjalankan transisi energi, PLN mengedepankan investasi yang optimal dan strategis, sehingga mampu memberikan dampak signifikan bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

“Pencapaian ini menunjukkan hasil positif dari kolaborasi yang terus dilakukan PLN. Ke depannya, PLN akan terus mencari skema kolaborasi hijau, termasuk green loan dan lainnya, untuk mendukung transisi energi,” pungkas Sinthya. (*) 




Baca Juga

Baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال