Etalase Barang Impor Luxury

Pria di Samosir Nyaris Jadi Sasaran Amukan Warga Gara Gara Isu Begu Ganjang

disrupsi.id - Samosir | Seorang pria berinisial JS di Desa Parbaba Dolok, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara nyaris menjadi sasaran amukan warga. Pasalnya JS diisukan memelihara begu ganjang atau roh jahat yang bisa mencelakakan orang lain.

Kapolsek Pangunguran, AKP Marlen Sitanggang mengatakan kejadian bermula saat petugas mendapatkan informasi bahwa warga khawatir dengan isu begu ganjang yang sudah bergulir sepekan terakhir. Atas informasi itu, kepala desa, tetua adat dan warga dikumpulkan di Kantor Desa Parbaba Dolok.

"Warga berencana mengambil tindakan terhadap orang yang diduga memelihara Begu ganjang ini. Sehingga kami memanggil warga untuk menahan diri dan tidak melakukan tindakan anarkis. Petugas juga meminta bantuan tetua adat dan kepada desa setempat," kata AKP Marlen, Minggu (17/3/2024).

Bahkan pertemuan dengan warga dilakukan beberapa kali untuk meredam konflik. Kemudian petugas juga mengunjungi rumah salah satu warga di Huta Pinagar yang anaknya sakit namun dikaitkan dengan Begu ganjang.

"Bhabinkamtibmas mengunjungi salah satu rumah warga yang diisukan anaknya sakit tiba-tiba. Saat dikunjungi didapati di dalam rumah ada beberapa warga berkumpul. Kemudian petugas mengingatkan warga untuk tidak melakukan tindakan main hakim sendiri," pungkasnya.

AKP Marlen Sitanggang mengingatkan warga agar tidak terprovokasi dengan isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Dia juga meminta agar warga menyampaikan laporan ke polisi jika mengalami hal hal yang mencurigakan.

"Jangan sampai karena perbuatan warga sehingga kami harus melakukan penegakan hukum. Kepala desa hingga tetua adat juga membantu petugas untuk mengingatkan warga agar tidak main hakim sendiri. Hingga hari ini situasi di lokasi masih aman," ungkapnya.

Dalam pertemuan, petugas juga sempat memanggil JS yang diisukan memelihara Begu ganjang. Namun JS pun membantah tuduhan warga. Dia mengaku selama ini hidup rukun di wilayah tersebut. 

"Saya tidak pernah berbuat yang melanggar hukum. Saya membantah isu yang dituduhkan terhadap saya. Saya juga tidak pernah ada masalah dengan warga. Dan selama ini saya hidup bermasyarakat dengan warga setempat," ungkapnya. (*)

Baca Juga

Baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال