Etalase Barang Impor Luxury

5 Tips Aman Mudik dari PLN, Nomor 3 Sering Terlupakan!


disrupsi.id - Medan | Mudik merupakan momen spesial bagi banyak orang untuk berkumpul bersama keluarga dan kerabat di kampung halaman. Namun, di balik kebahagiaan menyambut Lebaran bersama keluarga, ada satu hal penting yang tak boleh luput dari perhatian yakni keamanan kelistrikan di rumah saat ditinggalkan mudik.

General Manager PLN UID Sumatera Utara Saleh Siswanto mengimbau masyarakat untuk memastikan kondisi kelistrikan rumah aman sebelum mudik.

“Pelaksanaan mudik lebaran akan dimulai di minggu pertama ini. Sebagian masyarakat mulai bersiap melakukan mudik ke kampung halaman. Untuk itu, kami (PLN) mengimbau kepada para pemudik agar memastikan rumah yang ditinggalkan dalam kondisi aman,” tegas Saleh.

Berikut tips mudik aman ala PLN:

1. Periksa dan Pastikan Keamanan Alat Elektronik dan Instalasi Listrik

Sebelum mudik, lakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap alat elektronik dan instalasi listrik di rumah. Pastikan tidak ada kabel yang terkelupas, konsleting, atau kerusakan lainnya. Gunakan jasa teknisi listrik terpercaya jika diperlukan.

2. Matikan Aliran Listrik yang Tidak Terpakai

Cabut semua peralatan elektronik yang tidak digunakan dari stop kontak. Hal ini untuk menghindari korsleting dan potensi kebakaran akibat konsleting listrik.

3. Hidupkan Lampu Penerang Seperlunya

Jika ingin tetap ada penerangan di rumah, nyalakan lampu secukupnya, seperti lampu teras atau halaman. Hal ini untuk menghemat energi dan menghindari pemborosan.

4. Gunakan Listrik Secara Resmi

Pastikan meteran kWh meter terpasang dan berfungsi dengan baik. Hindari penggunaan listrik ilegal yang berisiko membahayakan diri sendiri dan orang lain.

5. Pastikan Tagihan Listrik Lunas atau Token Terisi Cukup

Bagi pelanggan pascabayar, pastikan tagihan listrik sudah lunas sebelum mudik. Bagi pelanggan prabayar, isi token listrik secukupnya untuk kebutuhan selama mudik.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, mudik Lebaran Anda akan terasa lebih aman dan nyaman. Selamat mudik dan semoga Lebaran tahun ini membawa kebahagiaan bagi Anda dan keluarga!

Tips Tambahan:

1. Beritahu tetangga atau keluarga terdekat tentang rencana mudik Anda.

2.Titipkan rumah kepada tetangga yang dapat dipercaya untuk membantu mengawasi kondisi rumah.

3. Laporkan ke PLN jika menemukan kondisi kelistrikan yang membahayakan.


PLN juga memastikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dapat dipergunakan para pemudik yang menggunakan kendaraan listrik. Terdapat 14 titik SPKLU tersebar di Sumatera Utara yang dapat di akses melalui fitur electric vehicle di aplikasi PLN Mobile. (*) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال