Etalase Barang Impor Luxury

Terbesar dalam Sejarah! Kemenag Buka 110.553 Formasi CPNS 2024 dan PPPK!

Terbesar dalam Sejarah! Kemenag Buka 110.553 Formasi CPNS 2024 dan PPPK!
ilustrasi lowongan cpns

Disrupsi.id, Medan - Sebuah rekor baru telah dicetak oleh Kementerian Agama (Kemenag). Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah menyetujui formasi sebanyak 110.553 calon Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kemenag. Formasi ini terdiri atas 20.772 CPNS dan 89.781 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), menjadikannya formasi terbesar dalam sejarah.

Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, mengungkapkan bahwa formasi ini disetujui setelah melihat berbagai terobosan program serta penataan SDM dan kelembagaan yang sudah dilakukan Kemenag. 

“Alhamdulillah, hari ini melalui kolaborasi yang erat dengan Kemenag, setelah melihat berbagai terobosan program serta penataan SDM dan kelembagaan yang sudah dilakukan Kemenag, kita setujui formasi sebanyak 110.553 ASN di Kemenag” ujar Anas seusai bertemu Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, pada Senin (1/4/2024).

Formasi ini mencakup berbagai posisi, seperti guru madrasah, guru Sekolah Menengah Teologi Kristen, Sekolah Menengah Atas Katolik, dosen perguruan tinggi keagamaan negeri, penyuluh agama, penghulu, talenta digital, dan penempatan di IKN. Anas menambahkan bahwa jumlah formasi untuk guru madrasah, sekolah Kristen, dan sekolah Katolik akan mencapai puluhan ribu.

“Selain itu, disiapkan ribuan formasi masing-masing untuk penyuluh agama dan penghulu. Juga ada ribuan formasi untuk dosen di kampus keagamaan, sebagai komitmen negara untuk terus mendukung pendidikan keagamaan,” ujar Anas.

Anas juga mengapresiasi Kemenag telah mengalokasikan formasi untuk talenta digital dan penempatan IKN. 

“Tadi saya lihat bagus sekali Pak Menag sudah siapkan untuk IKN. Lalu untuk talenta digital juga penting karena ada banyak transformasi digital di Kemenag seperti untuk layanan haji, umroh, dan sebagainya,” papar Anas.

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, menyampaikan apresiasi kepada Kementerian PANRB atas dukungan yang telah diberikan untuk semakin memperkuat manajemen SDM di Kemenag. 

“Kami baru mendapatkan formasi yang luar biasa terbesar dalam sejarah. Kami sangat apresiasi kepada Pak MenPANRB, karena formasi 110.553 ini pasti akan sangat membantu kami,” tutur Yaqut.

Yaqut mengungkapkan bahwa salah satu alasan pengajuan formasi di tahun 2024 adalah karena banyaknya pegawai Kemenag yang akan memasuki usia pensiun. 

“Pegawai di Kemenag yang memasuki usia pensiun di tahun 2024 sampai 2028 sejumlah 48.991. Dan ini menjadi concern kami karena usia pensiun hingga di rentang 4 tahun ke depan,” sebutnya.

Pengajuan formasi ASN di tahun 2024 ditujukan untuk pemenuhan kebutuhan jabatan guru, dosen, penghulu, penyuluh agama, pengawas jaminan produk halal, dan jabatan lainnya yang berkaitan langsung dengan pelayanan dasar Kemenag. “Pengadaan ASN 2024 juga untuk percepatan transformasi layanan digital di Kemenag,” pungkas Yaqut.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال