Etalase Barang Impor Luxury

Bank Indonesia Dorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional Lewat GBBI - GBWI

disrupsi.id - Medan | Bank Indonesia terus mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui belanja produk UMKM (Usaha Kecil Mikro Menengah) dan berwisata di dalam negeri dengan Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI).

Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut Yura A Djalins mengatakan Tahun 2024 Bank Indonesia ditunjuk menjadi campaign manager GBBI & GBBWI 2024 pada 3-7 Juli 2024 di Kota Medan yang dirangkaikan dengan HUT (Hari Ulang Tahun) Kota Medan. 

"GBBI dan GBWI di Sumatera Utara akan dikemas dalam acara Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU)," kata Yura A Djalins dalam kegiatan Bincang Bareng Media (BBM), Kamis (20/6/2024).

Dia menyebutkan tema KKSU kali ini adalah Rap Pamajuhon Sumatera Utara yang memiliki arti bersama-sama memajukan Sumatera Utara melalui pengembangan UMKM, peningkatan pariwisata, dan penguatan investasi. 

"Harvesting GBBI & GBWI dijadwalkan digelar pada 3 Juli 2024 bertempat di Istana Maimun dilanjutkan dengan rangkaian acara KKSU di Deli Park Mall hingga 7 Juli 2024," ungkapnya.

Menurut Yura, KKSU 2024 akan diselenggarakan bersamaan dengan North Sumatra Invest (NSI) Day 2024 yang merupakan ajang pameran investasi di Sumatera Utara. 

"Berbagai kegiatan NSI yang dirangkaikan berupa pameran proyek investasi dari 13 Kabupaten/Kota di Sumatera Utara, selebrasi Letter of Intent (LoI)  investasi terkait pariwisata dalam rangka mendukung GBWI, serta one-on-one meeting dengan investor potensial," paparnya.

Rangkaian KKSU, tambahnya, diharapkan dapat mengakselerasi pencapaian target Gernas BBI-BBWI antara lain peningkatan jumlah UMKM onboarding dengan target 30 juta UMKM pada 2024, peningkatan transaksi penjualan UMKM dengan transaksi Rp50 miliar per daerah.

"Kemudian aksi afirmasi belanja dengan target 95% belanja pemerintah untuk Produk Dalam Negeri (PDN), dan bangga berwisata di Indonesia dengan target 1,25-1,5 miliar perjalanan untuk wisatawan Nusantara dan 14,3 juta perjalanan untuk wisatawan mancanegara sepanjang 2024," paparnya. 

Secara umum agenda KKSU 2024 meliputi Harvesting Gernas BBI & BWI, pada 3 Juli 2024 di Istana Maimun dengan kegiatan meliputi selebrasi program pengembangan UMKM, pariwisata dan investasi, pameran produk unggulan Sumatera Utara dan dimeriahkan oleh penampilan dari Lyodra dan Lebah Begantong.

"Nantinya KKSU Forum meliputi talkshow dengan tema antara lain Talkshow Kopi “Budaya Ngopi Mengakselerasi Industri dan Pertumbuhan Ekonomi Talkshow Pariwisata ”Pesona Pariwisata Sumatera Utara yang Memikat Dunia”," pungkasnya.

Sementara itu, KKSU Competition meliputi Kopi: Lomba Latte Art, Lomba Signature Coffee, Lomba Manual Brew V60, Lomba Coffee Excellence; Fashion Lomba desain ready to wear dengan tema “Sustainable Fashion”; hingga Pariwisata: Lomba video reels destinasi wisata Sumut mendukung GBWI.

"Sedangkan KKSU Fair meliputi pameran produk UMKM sektor kopi, kain/wastra, kerajinan, dan kuliner; fashion show UMKM binaan dan mitra; edukasi & sosialisasi," ucapnya.

Terdapat total 460 UMKM yang akan berpartisipasi dalam KKSU 2024 baik secara offline di Istana Maimun dan Deli Park dan  secara online melalui e-catalogue website www.karyakreatifsumut.com. Tak kalah penting, Bank Indonesia turut mendorong investasi di daerah melalui North Sumatra Invest (NSI).

"NSI berkolaborasi dengan pemerintah provinsi dan kabupaten dalam menjaga perspektif positif melalui berbagai program, di antaranya penggalian proyek investasi strategis di daerah melalui kompetisi penyusunan dokumen peluang investasi di daerah melalui NICe (NSI Investment Challenge)," ujarnya.

Kompetisi ini merupakan kompetisi penyusunan dokumen investasi awal yang siap ditindaklanjuti dengan program NSI Incubator. Kemudian kegiatan site visit bersama konsulat jenderal dan konsul kehormatan negara sahabat yang berkantor di daerah berupa tinjauan langsung ke lokasi proyek investasi strategis di daerah.

"Tinjauan yang dilakukan untuk memberikan gambaran langsung status clean and clear dari suatu proyek investasi pada 25-26 Juni 2024 melalui NSI Day yang merupakan flagship event promosi investasi setiap tahun dilaksanakan sejak tahun 2022 dimana tahun ini disinergikan dengan KKSU," paparnya.

Rangkaian KKSU x NSI Day akan ditutup dengan BMPD Medan Run pada 7 Juli 2024 di Lapangan Benteng yang berkolaborasi bersama perbankan di Sumatera Utara. Lomba lari tersebut memiliki 2 kategori, yakni 5K dan 10K dengan biaya pendaftaran bervariasi, mulai dari Rp250 ribu rupiah. 

"Bank Indonesia akan terus mendukung pelaksanaan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia sebagai langkah nyata inovasi dan sinergi dalam rangka mendorong semangat bangga produk dan wisata lokal," bebernya. (*)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال