Etalase Barang Impor Luxury

NSI Day 2024: Delegasi Sembilan Negara Terpukau Keindahan Danau Toba


disrupsi.id - Medan | Delegasi dari sembilan negara yang terdiri para Konsul Jenderal (Konjen) dan Konsulat Kehormatan, menikmati sejumlah destinasi wisata Kaldera Toba, Danau Toba, Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Kunjungan wisata ini merupakan rangkaian dari North Sumatra Invest (NSI) Day 2024 yang merupakan site visit.

Selama perjalanan, kesembilan konjen dan konsulat disuguhkan panorama alam Danau Toba yang indah. Mereka juga menikmati kuliner khas daerah seperti ombus-ombus, pisang dan jagung rebus. Salah satu lokasi yang dikunjungi adalah melihat destinasi wisata Batu Gantung Geopark Kaldera Toba, dengan menggunakan Kapal Pinisi.

"Jadi dalam rangkaian site visit ini, kita bukan hanya mengajak para Konjen dan konsulat dari sembilan negara ke sejumlah proyek strategis yang ada di Sumut. Kunjungan ini juga untuk mempromosikan investasi di Sumatera Utara, dan memperkenalkan kekayaan budaya dan keindahan alam Danau Toba kepada dunia," kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sumut Faisal Arif Nasution.

Para konjen dan konsulat mendapatkan penjelasan tentang bagaimana Danau Toba terbentuk, Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba. Selain itu, mereka juga dibuat kagum setelah mengetahui di atas pulau tersebut juga terdapat danau. Masyarakat kerap menyebut 'danau di atas danau'. Danau Toba di kelilingi tujuh kabupaten kota. Dihuni oleh masyarakat yang didominasi suku Batak. Adat istiadatnya masih terjaga dengan baik.

Sejumlah konjen dan konsulat yang mengikuti rangkaian kegiatan site visit, antara lain Konjen RI di Penang, Konjen Singapura di Medan, Konjen USA, Konjen Jepang, Konjen Malaysia, dan Konjen Tiongkok. Kunjungan itu juga diikuti beberapa Konsulat Kehormatan Belanda di Medan, Konsulat Kehormatan Jerman, Konsulat Kehormatan Thailand di Medan.

Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut Yura A Djalins mengatakan Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) Tahun 2024 diselenggarakan bersamaan dengan North Sumatra Invest (NSI) Day 2024 yang merupakan ajang pameran investasi di Sumatera Utara. Dalam kegiatan ini juga dilakukan site visit bersama konsulat jenderal dan konsul kehormatan negara sahabat yang berkantor di daerah berupa tinjauan langsung ke lokasi proyek investasi strategis di daerah. 

"Tinjauan yang dilakukan untuk memberikan gambaran langsung status clean and clear dari suatu proyek investasi pada 25-26 Juni 2024 melalui NSI Day yang merupakan flagship event promosi investasi setiap tahun dilaksanakan sejak tahun 2022 dimana tahun ini disinergikan dengan KKSU," tegasnya.(*)















Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال