Etalase Barang Impor Luxury

Pj Gubernur Agus Fatoni Ngaku Netral di Pilgub Sumut: Silahkan Buktikan Keberpihakan Saya

Pj Gubernur Agus Fatoni Ngaku Netral di Pilgub Sumut Silahkan Buktikan Keberpihakan Saya



Disrupsi.id, Medan - Agus Fatoni telah dilantik menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) oleh Menteri Dalam Negeri RI (Mendagri) Tito Karnavian. Agus memastikan dirinya netral di Pilkada Sumatera Utara 2024 dan meminta wartawan mengawasinya saat menjabat sebagai kepala daerah. 

“Saya netral karena saya ASN, ke depan silakan awasi dan silakan buktikan keberpihakan saya, saya pasti netral,” tegas Fatoni di Medan, Kamis (27/6/2024).

Tak hanya itu, Agus meminta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Sumut bersikap netral saat pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2024. 

“Tugas saya selaku Gubernur akan memastikan birokrat di provinsi itu netral, kita semua ikut mengawasinya dan itu sudah ada aturannya,” kata Fatoni.

Fatoni memastikan akan ada sanksi yang diberikan kepada ASN jika terbukti melanggar peraturan netralitas saat pelaksanaan Pilkada, mulai dari sanksi ringan, menengah hingga berat. Dengan tegas Fatoni mendeklarasikan bahwa dirinya bersikap netral dalam Pilkada serentak.

“Kalau di Kabupaten/Kota itu tugasnya Bupati Walikota, di provinsi tugasnya Gubernur. Saya mengoordinasikan agar ASN netral di Sumut, kita berpesan ASN harus netral dan tidak boleh berpolitik praktis,” ucap Fatoni.

Agus Fatoni juga meminta agar tidak ada hoaks atau informasi yang tidak benar tersebar pada masyarakat. Menurutnya, peran media sangat penting dalam menjaga kondusifitas masyarakat.

“Saya pesan jaga iklim kondusif, jangan kita mengadu domba dan menyebarkan kebencian. Sumut ini kita cintai dan jangan kita kotak-kotak kan karena kepentingan sesaat, kalau ada provokasi dampaknya akan sangat besar,” ucap Fatoni.

Fatoni berkomitmen untuk melanjutkan jalannya roda pemerintahan di Sumatera Utara. Menurutnya, apa yang baik harus dilanjutkan sedangkan yang belum baik akan diperbaiki.

“Bagi saya Sumut bukan sesuatu yang baru, saya sudah sering ke sini, Sumut adalah bagian dari saya. Saya berterima kasih menjadi bagian langsung dari Sumut, tugas saya melanjutkan apa yang sudah dilakukan,” jelas Fatoni.

Diketahui, Agus Fatoni dilantik menjadi Pj Gubernur Sumut pada Senin (24/6) di Kemendagri. Agus sebelumnya menjabat Pj Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel). Kemudian Agus menggantikan Hassanudin yang dilantik menjadi Pj Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB).

Setelah dilantik, puluhan orang melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Pemprov Sumut. Massa aksi unjuk rasa menolak figur Agus Fatoni yang dilantik menjadi Pj Gubernur Sumut. Mereka menilai pelantikan Agus Fatoni sarat kepentingan politik dalam Pilgub Sumut 2024.

Di Pilgub Sumut 2024, sejumlah nama dijagokan maju antara lain Wali Kota Medan Bobby Nasution yang juga menantu Presiden RI Jokowi, hingga mantan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi. (*)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال