Etalase Barang Impor Luxury

100 Hektare Hutan Lindung di Danau Toba Diduga Dibakar

100 Hektare Hutan Lindung di Danau Toba Diduga Dibakar

Disrupsi.id, Medan - Kebakaran menghanguskan 100 hektare hutan lindung di Siarubung, Dolok Sijonaha, Desa Sipitu Dai, Kecamatan Sianjur Mulamula, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. 

Video soal kebakaran ini viral di media sosial. Kebakaran tersebut menghanguskan tanaman yang ada di lokasi wisata alam itu. Kebakaran mulai terjadi pada Minggu (15/7/2024) sekitar pukul 13.00 WIB. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sumatra Utara Yuliani Siregar membenarkan kebakaran itu. Dia menduga hutan tersebut sengaja dibakar oleh orang tidak bertanggung jawab. Cuaca panas juga memperparah kebakaran itu.

“(untuk) ladang berpindah. Dua hari ini cuaca panas,” kata Yuliani, Senin (15/7/2025).

Yuliani menjelaskan, saat ini hutan lindung yang terbakar mencapai 100 hektare. Petugas masih berupaya memadamkan kobaran api. Tak hanya itu, kebakaran juga merambat ke lokasi lainnya.

“Kebakaran berpindah ke arah Sibeabea. Tapi sudah ada tim di sana yang melakukan penanganan,” paparnya.

Diketahui, kebakaran di kawasan Danau Toba terjadi hampir setiap tahunnya. Khususnya dalam kurun waktu mulai Juli hingga Oktober.

Pada 2022, kebakaran juga sempat terjadi di Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir. Lahan seluas sekitar 85 hektare hutan terbakar mulai Juli hingga Agustus 2022. Kemudian, sekitar 70 hektare hutan lindung di Samosir terbakar dalam periode Januari hingga Agustus 2023. (*)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال