Etalase Barang Impor Luxury

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi di Pantai Barat Sumatera


disrupsi.id - Medan | Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi gelombang laut setinggi hingga 2,5 meter di wilayah perairan pantai barat Pulau Sumatera. Gelombang tinggi itu diperkirakan terjadi mulai dari Aceh hingga ke Bengkulu.

Prakirawan Stasiun Meteorologi Maritim Belawan Rizki Fadhillah mengatakan, gelombang tinggi berpotensi terjadi seiring dengan pola angin di wilayah Indonesia bagian utara yang umumnya bergerak dari Tenggara-Barat Daya dengan kecepatan 2-20 knot.

Sementara di wilayah Indonesia bagian selatan, umumnya bergerak dari Timur-Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 4-25 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Samudera Hindia Barat Lampung, Samudera Hindia selatan Banten dan Laut Arafuru selatan Merauke.

"Tinggi gelombang 1,25-2,5 meter (sedang) berpeluang terjadi di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh hingga Kepulauan Mentawai serta Samudera Hindia barat Aceh hingga Bengkulu," ujar Rizki Fadhillah, Senin (1/7/2024).

Atas kondisi potensi gelombang itu, BMKG mengimbau agar setiap perahu nelayan untuk dapat memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran akibat kecepatan angin yang mencapai 15 knot dan gelombang tinggi di atas 1,25 meter

"Kemudian untuk kapal tongkang, diminta memperhatikan kecepatan angin yang lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter. Kapal Ferry diminta memperhatikan kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter, " jelasnya. (")






Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال