Etalase Barang Impor Luxury

Eks Ketua AMPI Terlibat Pembakaran Rumah Wartawan Tribrata TV Residivis Pembunuhan

disrupsi.id - Karo | Eks Ketua AMPI Tanah Karo Bebas Ginting alias Bulang yang menjadi tersangka pembakaran rumah menewaskan wartawan Tribrata TV, Sempurna Pasaribu sekeluarga telah ditahan. Bebas Ginting ternyata juga merupakan residivis kasus pembunuhan.

"Kita sudah mulai menemukan fakta-fakta bahwa yang bersangkutan (Bulang) sudah 2 kali menjalani hukuman," kata Kapolda Sumut, Komjen Pol Agung Setya Imam Effendi didampingi Kabid Humas, Kombes Pol Hadi Wahyudi, Senin (15/7/2024).

Agung menambahkan sebelumnya Bulang pernah dihukum dalam kasus pembunuhan. Disinggung soal adanya informasi tentang Bulang sebagai pengelola perjudian dan narkoba, Agung menyatakan, pihaknya akan melakukan penyelidikan setiap informasi yang diterima.

"Setahu saya ada kasus pembunuhan, ya," ungkapnya.

Komjen Pol Agung Setya menyebut, penyidik masih terus menguatkan fakta-fakta tersangka Bulang sebagai orang yang menyuruh dua eksekutor, Yunus Saputra Tarigan (YST), Rudi Apri Sembiring (RAS) untuk membakar rumah korban Rico Sempurna Pasaribu. 

"Penyidik tengah mendalami background tersangka B. Tidak ada kendala atau kesulitan yang dialami penyidik dalam menangani kasus ini. Tentu ini menjadi background yang akan kita lebih kuatkan lagi," ujarnya.

Komjen Pol Agung Setya belum mengungkap motif dari ketiga tersangka melakukan pembakaran rumah korban Sempurna Pasaribu. Dia menyebutkan penyidik melakukan pemeriksaan terhadap psikologi Bulang untuk mengungkap motivasi terjadinya aksi keji tersebut hingga tuntas.

"Artinya, kita bisa menangkap apa yang ada di dalam pikirannya, kepribadiannya dan kita bisa mengungkap lebih dalam lagi apa yang menjadi motif bersangkutan," tuturnya. 

Demikian juga soal adanya kemungkinan tersangka lain, penyidik, tambahnya akan membuktikannya sesuai fakta yang ditemukan.

"Kita akan terus memverifikasi informasi yang disampaikan. Tidak hanya ke hal tertentu, tapi hal yang lain kita gali," ungkapnya.

Sebelumnya, kebakaran menghanguskan satu unit warung kopi dan kios kelontong milik Sempurna Pasaribu wartawan media tribrata tv di Jalan Nabung Surbakti, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara pada Kamis (27/6/2024) sekitar pukul 03.40 WIB.

Dalam insiden itu, empat orang tewas terbakar yakni Sempurna Pasaribu (40), istrinya Eprida Br Ginting (48), anaknya Sudiinveseti Pasaribu (12) dan cucunya bernama Lowi Situngkir (3).

Kebakaran tersebut terjadi setelah korban memberitakan perjudian yang diduga melibatkan oknum TNI berinisial HB di Jalan Kapten Bom Ginting, Kelurahan Padang Mas, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. 

Komite Keselamatan Jurnalis (KKJ) Sumatera Utara mengungkap bahwa korban selama ini mendapatkan jatah uang mingguan judi dari oknum aparat tersebut. Belakangan korban juga meminta kepada HB agar temannya yang merupakan anggota ormas juga mendapatkan jatah. 

Karena permintaannya tidak digubris, Sempurna Pasaribu memberitakan lokasi perjudian tersebut dan menulis nama lengkap oknum itu dalam pemberitaan, dan membuat status di media sosial Facebook miliknya. (*)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال