Etalase Barang Impor Luxury

Kota Medan Dilanda Cuaca Panas, Suhu Udara Capai 36,7 Derajat Celcius

Kota Medan Dilanda Cuaca Panas, Suhu Udara Capai 36,7 Derajat Celcius

Disrupsi.id, Medan - Balai Besar Meteorologi Klimatologi Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan mencatat suhu udara di Kota Medan mencapai 36,7 derajat Celcius, Senin (22/2024). Untuk itu, masyarakat diimbau mengurangi aktivitas fisik di luar ruangan mengingat wilayah ini tengah dilanda cuaca panas.

Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Hendro Nugroho mengatakan suhu udara pada pukul 14.00 WIB mencapai 36,7 derajat celcius, pukul 13.00 wib mencapai 35.9 derajat Celcius dan pukul 15.00 wib 35,7 derajat celcius.

Menurutnya berdasarkan hasil peta sebaran curah hujan harian di Provinsi Sumatera Utara, secara umum Sumatera Utara berada pada kondisi tidak ada hujan hingga hujan ringan. Curah hujan tertinggi sebesar 8.5 mm terukur di Pos Hujan Pematang Kerasaan, Kabupaten Simalungun.

"Sebanyak 70% wilayah di Sumatera Utara berada dalam kondisi musim hujan, seperti di wilayah pantai barat, pegunungan, dan sebagian lereng timur Sumatera Utara seperti sebagian Kota Medan, sebagian Langkat, dan sebagian Deli Serdang," kata Hendro, Senin (22/7/2024). 

Bahkan suhu maksimum udara di Kota Medan pada 21 Juli 2024 tercatat mencapai 37 derajat celcius dan suhu udara maksimum di pegunungan tercatat 25 derajat celcius dengan kelembaban udara yang tercatat juga rendah hingga lapisan 500mb, sehingga kandungan uap air cukup kecil. 

"Ini mengakibatkan sulitnya terbentuk awan-awan hujan khususnya di wilayah Kota Medan dan sekitarnya," ujarnya.

Hendro menyebutkan kondisi yang cukup gerah dan suhu tinggi ini akan berlangsung hingga tiga hari ke depan di sepanjang pesisir timur Sumatera Utara.

"Kami mengimbau masyarakat agar mengurangi aktivitas fisik yang langsung di bawah sinar matahari. Perbanyak asupan vitamin c dan air putih, agar terhindar dari dehidrasi," bebernya. (*)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال