Etalase Barang Impor Luxury

Polres Samosir Selidiki Penyebab Kebakaran Hutan Lindung di Kawasan Danau Toba

disrupsi.id - Samosir | Polres Samosir melakukan penyelidikan atas kebakaran yang terjadi di hutan lindung Siaraubung Desa Turpuk Limbong Kecamatan Harian Kabupaten Samosir, Sumatera Utara yang termasuk dalam kawasan wisata Danau Toba.

"Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan Unit Tipidter Sat Reskrim Polres Samosir. Luas area yang terbakar diperkirakan sekitar 40 hektare," kata Kapolres Samosir AKBP Yogie Hardiman, Selasa (16/7/2024).

Dia menyebutkan kebakaran lahan ini diketahui mulai terjadi pada Minggu, 14 Juli 2024, sekitar pukul 20.00 WIB. Api bermula dari titik perbukitan Dusun I Desa Aek Sipitudai Kecamatan Sianjur Mula-Mula, Kabupaten Samosir. Kemudian merembet ke lahan di Perbukitan Siaraubung Desa Turpuk Limbong Kecamatan Harian.

"Pada Senin, 15 Juli 2024, titik api masih menyala. Personel Polres Samosir, Polsek Harian, Koramil, BPBD dan Manggala Agni standby di lokasi untuk mencegah api menyebar ke permukiman warga dan melakukan pemadaman api pada lokasi yang dapat dijangkau," ujarnya.

Dia menyebutkan kedua lokasi kebakaran merupakan daerah perbukitan terjal tanpa akses jalan yang dapat dilalui kendaraan pemadam kebakaran. Lokasi kebakaran ditumbuhi semak belukar yang kering, ditambah dengan cuaca angin kencang, menyebabkan api cepat menyebar hingga ke perbukitan Desa Boho Kecamatan Sianjur Mula-Mula, serta perbukitan Siaraubung, Desa Turpuk Limbong, Kecamatan Harian.

"Pada Selasa, 16 Juli 2024, sekitar pukul 11.00 WIB, titik api di perbukitan telah padam. Petugas tetap standby dan melakukan patroli di sekitar lokasi kebakaran untuk mengantisipasi timbulnya titik api baru," ujarnya.

Sementara itu, Pejabat Sementara Kasi Humas Polres Samosir, Brigpol Vandu P Marpaung, menyampaikan saat ini, titik api di Perbukitan Siaraubung, Desa Turpuk Limbong, Kecamatan Harian telah padam.

"Namun personel Polres Samosir tetap standby di sekitar lokasi. Wilayah Kabupaten Samosir saat ini belum mengalami hujan dan sedang musim kemarau dengan angin kencang," pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sumatra Utara Yuliani Siregar mengatakan luas hutan yang terbakar di Siarubung, Dolok Sijonaha, Desa Sipitu Dai, Kecamatan Sianjur Mulamula, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara diperkirakan mencapai 100 hektare 

Dia menduga hutan tersebut sengaja dibakar oleh orang tidak bertanggung jawab. Cuaca panas juga memperparah kebakaran itu. Video soal kebakaran ini viral di media sosial. Kebakaran tersebut menghanguskan tanaman yang ada di lokasi wisata alam itu. 

“(untuk) ladang berpindah. Dua hari ini cuaca panas,” ungkap Yuliani. (*) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال