disrupsi.id - Medan | Menginjak usia ke-13, PT Global Digital Niaga Tbk (Blibli) semakin memperkuat komitmennya dalam membawa semangat #BisaJadiLebih untuk memenuhi aneka kebutuhan pelanggan di berbagai segmen produk, baik secara online maupun offline.
Head of Public Relations Blibli, Yolanda Nainggolan mengatakan sinergi dan inovasi ekosistem Blibli Tiket ibarat tradisi kebersamaan makan-makan saat ulang tahun. Semua menu tersedia lengkap di atas meja.
"Seperti halnya komitmen kami dalam memperkuat ekosistem omnichannel terpadu, yang siap memenuhi hampir 90% potensi pengeluaran kebutuhan masyarakat Indonesia, mulai dari belanja harian, perjalanan, gaya hidup, produk elektronik, otomotif, tagihan bulanan hingga perabot rumah tangga, tanpa hambatan baik online maupun offline, seketika saat mereka mengakses ekosistem kami," kata Yolanda.
Yolanda menjelaskan enam sinergi dan inovasi terintegrasi pada ekosistem Blibli Tiket. Salah satu inovasi utama adalah opsi pembayaran mudah dan terintegrasi di semua platform Blibli Tiket PayLater yang diperkenalkan sejak 2020.
"Saat ini, metode pembayaran tersebut telah menjadi salah satu pilihan utama bagi pelanggan di Blibli, tiket.com dan juga Ranch Market, memungkinkan konsumen untuk membeli kebutuhannya sekarang dan membayar nanti," urainya.
Sinergi dan terobosan tidak berhenti, pada tahun 2022 Single Sign-On diluncurkan, yang memberikan kemudahan akses antar platform menggunakan kredensial login yang sama di semua akun. Penggabungan manfaat pelanggan pun secara bertahap dilakukan melalui Loyalty Membership Parity hingga, pada tahun 2023, program loyalitas terpadu, “Satu Poin Untungnya Dimana-mana” Blibli Tiket Rewards hadir.
"Pengumpulan poin loyalitas Blibli Tiket Rewards kini bisa dilakukan di toko-toko fisik konsumen termasuk gerai supermarket premium Ranch Market dan Farmers Market, serta toko elektronik konsumen, seperti Hello Store (toko ritel Apple resmi/Apple Authorised Reseller), Samsung Store, dan Blibli Store (toko multibrand elektronik konsumen)," ujarnya.
Setiap poin yang terkumpul dapat digunakan untuk pembelian selanjutnya di dalam ekosistem Blibli Tiket, baik secara online dan offline, tanpa hambatan. Dengan semangat terus berkembang, pada 2024, keanggotaan pelanggan ekosistem Blibli Tiket sepenuhnya terintegrasi menjadi Unified Membership dan memberikan nilai tambah juga kejutan seru bagi pelanggan.
"Sebagai wujud selebrasi, pada 10 Juni-16 Juli, lalu, program fast-track diadakan. Lebih dari 145 ribu pelanggan yang baru pertama kali bergabung, sebanyak 2% atau lebih dari 2.000 pelanggan ter-upgrade menjadi tier Diamond dan merasakan berbagai manfaat mulai dari free airport lounge, kuota tambahan gratis ongkir 10x, hingga voucher ulang tahun senilai 175 ribu," urainya.
Aksi nyata untuk masa depan yang berkelanjutan juga tak luput dari perhatian dengan diluncurkannya Blibli Tiket Action, program sustainability untuk membantu mewujudkan masa depan berkelanjutan dan bumi yang lebih lestari.
"Turut memberdayakan pelanggan, mitra dan karyawan, Blibli Tiket Action juga menggelar acara tahunan Langkah Membumi Festival yang menjadi melting pot - mempertemukan ratusan ecopreneur, pihak swasta/pelaku industri, dan penggiat sustainability dalam aksi kolaboratif demi perubahan nyata dalam memerangi krisis iklim untuk menuju ekonomi yang berkelanjutan," paparnya.
Dia menambahkan sinergi dan inovasi ekosistem omnichannel Blibli Tiket bertujuan ingin memudahkan pelanggan dengan memberikan pengalaman yang superior sekaligus bernilai tambah.
"Misalnya, ketika mereka perlu berbelanja produk segar berkualitas premium bebas khawatir sepulang bekerja, hanya dengan fitur Click&Collect, pelanggan bisa berbelanja secara online dan mengambilnya di lokasi terdekat atau toko-toko sesuai pilihan konsumen yang telah mengadopsi fitur Click&Collect," ungkapnya.
Tidak hanya itu, sinergi juga memberikan manfaat seperti meningkatkan retensi pelanggan dengan menciptakan value-oriented benefits seperti potensi untuk mencapai tier keanggotaan yang lebih tinggi dan dapat memotivasi pelanggan untuk terus berbelanja di ekosistem.
"Termasuk, mendorong cross-selling antar platform contohnya melalui program loyalitas terpadu, Blibli Tiket Rewards, yang terintegrasi bagi seluruh pelanggan di dalam ekosistem, baik secara online maupun offline," ucapnya.
Lebih dari itu, upaya dan terobosan omnichannel terintegrasi ekosistem Blibli Tiket pun konsisten dikembangkan dengan beroperasinya 185 toko fisik elektronik konsumen, 62 gerai supermarket premium, dan 30 Dekoruma Experience Center di seluruh Indonesia, per akhir bulan Juni 2024.
"Hingga saat ini, Blibli telah memperkuat ekosistem omnichannel-nya di Sumatra Utara melalui lebih dari 380 titik pelayanan fitur Click&Collect, lebih dari 2.600 lokasi Blibli InStore, total 12 jaringan toko fisik untuk kebutuhan elektronik konsumen, baik multi maupun monobrand, serta home & living dari Dekoruma Experience Center," sebutnya.
Sementara itu, Region Head Sumatra Blibli, Stephany Luchiana mengatakan solusi omnichannel yang ditawarkan oleh ekosistem Blibli Tiket telah terbukti meningkatkan kenyamanan belanja online dan offline bagi masyarakat Sumatra Utara.
"Menariknya, tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan harian, masyarakat setempat juga mempercayakan ekosistem Blibli Tiket untuk mendapatkan barang impian mereka lewat belanja aneka barang dengan harga tinggi secara aman, mudah, dan pastinya berkualitas, mulai dari handphone, peralatan elektronik, hingga otomotif," urainya.
Pesatnya pertumbuhan ekosistem Blibli Tiket di Kota Medan dan Sumatra Utara juga tidak terlepas dari dukungan berbagai inovasi penunjang yang membuat belanja aneka kebutuhan #BisaJadiLebih mudah dan menguntungkan, mulai dari jaminan barang 100% orisinal, opsi pengiriman cepat 2 Jam Sampai dengan rekor tercepat hanya 33 menit saja, layanan Customer Care 24/7 dengan sepenuh hati, jaminan pengembalian produk hingga 15 hari, serta didukung fasilitas gudang logistik terdepan.
"Selain itu, pilihan metode pembayaran dan payment flow pun semakin kaya untuk memaksimalkan pengalaman belanja tanpa hambatan (seamless) dan terintegrasi, termasuk metode pembayaran Kartu Kredit dan penggunaan Blibli Tiket Paylater yang paling difavoritkan oleh para pelanggan Blibli di Sumatra Utara," bebernya. (*)
Baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News.
Tags
Ekbis