Etalase Barang Impor Luxury

Pilkada Medan Resmi Diikuti 3 Paslon, Ada Dokter hingga Mantan Anggota DPRD

disrupsi.id - Medan | Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Medan 2024 resmi diikuti tiga pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Ketiga pasangan ini telah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan. 

1. Rico Waas - Zakiyuddin

Pilkada Medan Resmi Diikuti 3 Paslon, Ada Dokter hingga Mantan Anggota DPRD


Pasangan pertama yakni Rico Waas - Zakiyuddin. Rico Waas merupakan keponakan dari Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Rico juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPW NasDem Sumut. Sedangkan Zakiyuddin merupakan Ketua DPC Partai Gerindra Padanglawas Utara. 

Pasangan ini awalnya mendapatkan dukungan dari enam partai politik yakni NasDem, PKB, Gerindra, PAN, Golkar, dan Perindo. Belakangan Demokrat dan PSI bergabung dalam koalisi tersebut setelah mendepak petahana Aulia Rachman. 

Demokrat dan PSI sempat mengusung Aulia Rachman - Hidayatullah yang ingin maju sebagai bakal calon Wali Kota Medan. Aulia saat ini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Medan. Tak didukung Gerindra, Aulia memilih bergabung dengan PSI demi memuluskan ambisinya. 

Sedangkan Hidayatullah tercatat sebagai anggota DPR RI dari Fraksi PKS. Tetapi sehari menjelang pendaftaran ke KPU Medan, Demokrat dan PSI tiba tiba mencabut dukungan. 

2. Ridha Dharmajaya - Abdul Rani

Pilkada Medan Resmi Diikuti 3 Paslon, Ada Dokter hingga Mantan Anggota DPRD


Kemudian, pasangan kedua yakni Ridha Dharmajaya - Abdul Rani. Ridha Dharmajaya merupakan guru besar di Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (USU) dan juga dokter spesialis bedah syaraf. 

Sedangkan Abdul Rani tercatat sebagai Ketua DPC PPP Kota Medan. Ia juga merupakan anggota DPRD Medan periode 2019-2024. Pasangan ini didukung delapan partai politik yakni PDIP, PPP, Hanura, Buruh, Gelora, Ummat, PKN, dan PBB. Namun yang memiliki kursi di DPRD Medan hanya PDIP dan Hanura.

3. Hidayatullah-Yasir Ridho Lubis

Pilkada Medan Resmi Diikuti 3 Paslon, Ada Dokter hingga Mantan Anggota DPRD

Untuk pasangan ketiga yakni Hidayatullah-Yasir Ridho Lubis. Pasangan ini diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS). 

Hidayatullah awalnya menjadi bakal calon wakil Wali kota Medan mendampingi bakal calon wali kota Aulia Rachman. Belakangan PKS lebih memilih mengusung kader sendiri. Partai tersebut memasangkan Hidayatullah sebagai bakal calon Wali Kota dengan Yasir Ridho Lubis bakal calon wakil Wali kota. 

Hidayatullah merupakan politisi senior di PKS. Saat ini ia menjadi anggota DPR-RI periode 2019-2024 dari daerah pemilihan Sumatera Utara I yang meliputi Deli Serdang, Serdang Bedagai, Kota Medan, dan Kota Tebing Tinggi.

Sebelum menjadi anggota DPR-RI, Hidayatullah telah bertahun-tahun menjadi anggota DPRD Deli Serdang 1987-1999 dan DPRD Sumut 2004-2014. Sedangkan Yasir Ridho Lubis tercatat sebagai kader Golkar. (*)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال