Etalase Barang Impor Luxury

Dua Atlet Legenda Bawa Api Obor Open Ceremony PON XXI Wilayah Sumut


disrupsi.id - Medan | Dua atlet legenda dari Provinsi Sumatera Utara (Sumut) membawa api obor pada acara open ceremony Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut untuk wilayah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) di Stadion Baharuddin Siregar, Lubuk Pakam, Kabupaten Deliserdang pada Senin (9/9/2024) pukul 20.15 WIB

"Kedua atlet nasional itu yakni Syamsul Anwar, dan Iwan Karo Karo, " kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Ilyas Sitorus.

Ilyas menjelaskan Syamsul merupakan atlet petinju berdarah Batak kelahiran 1 Agustus 1952 di Pematangsiantar, Sumut. Kemudian Iwan Karo-karo, atlet PSMS Medan yang terkenal di era 1980-an di tanah air. Ia berhasil mempersembahkan medali emas pada PON tahun 1989.

"Keduanya membawa api obor dalam acara Open ceremony PON XXI yang digelar di Sumut, " ucapnya. 

Ilyas Sitorus mengatakan Presiden RI Jokowi bakal membuka secara langsung ceremony Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Stadion Harapan Bangsa Aceh pada Senin (9/9/2024) pukul 20.15 WIB. PON Aceh-Sumut menjadi kali pertama perhelatan olahraga nasional yang berlangsung di dua provinsi sekaligus.

"Di Aceh akan digelar di Stadion Harapan Bangsa. Sedangkan di Sumut digelar di Stadion Baharuddin Siregar di Kabupaten Deliserdang. Di Aceh open ceremony bakal dihadiri Ketua KONI, Menteri Olahraga, dan sambutan dari Presiden RI dan dihadiri Presiden RI terpilih,” ujar Ilyas Sitorus.

Ilyas menambahkan prosesi penyalaan api di Aceh dan Sumut bakal sama-sama dilakukan dan dapat dilihat oleh seluruh masyarakat. Bukan hanya di Aceh, opening ceremony di Sumut juga akan menampilkan defile para kontingen, penarikan undian, serta penampilan band nasional dan lokal. 

"Untuk bisa menuju ke Stadion Baharuddin Siregar, PB PON sudah menyiapkan 12 shuttle bus. Untuk tahap pertama, ada 4 bus beroperasional untuk memberikan layanan  transportasi yang menunggu di Media Centre Utama yang terletak di Hotel Santika Medan," ujarnya. 

Diketahui, PON XXI menandai sejarah baru karena diadakan di dua provinsi sekaligus yakni di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut). Sumut untuk kedua kalinya menjadi tuan rumah setelah edisi III pada 1953. Adapun Aceh baru kali ini merasakan pengalaman pertama mereka menggelar PON

PON XXI 2024 rencananya akan memainkan 65 cabang olahraga (cabor), dengan rincian sebanyak 33 cabor digelar di Provinsi Aceh, sedangkan 34 cabor dihelat di Sumut. Sebanyak 13 ribu atlet bakal dilibatkan selama PON 2024 mulai Selasa-Jumat, 9-20 September 2024. Namun beberapa cabor digelar lebih dulu sebelum pembukaan. (*) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال