Etalase Barang Impor Luxury

KPU Tetapkan DPT Pilgub Sumut 10,7 Juta Pemilih

disrupsi.id - Medan | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Utara (Sumut) mencapai 10.771.496 pemilih. Rinciannya laki laki 5.302.681 pemilih dan perempuan sebanyak 5.468.815 pemilih.

"Dalam rapat pleno terbuka untuk rekapitulasi dan penetapan DPT, jumlah DPT yang ditetapkan sebanyak 10.771.496 pemilih untuk Pilkada Sumut yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024,” kata Ketua KPU Sumut, Agus Arifin, Selasa (24/9/2024).

Agus mengatakan rapat pleno terbuka penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) digelar pada Senin (23/9/2024) malam. Rapat pleno tersebut dihadiri oleh seluruh komisioner KPU provinsi, perwakilan 33 KPU kabupaten/kota, serta tim pasangan calon.

"Sedangkan untuk jumlah TPS (Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 25.223 yang tersebar di 33 kabupaten kota di Sumut, " pungkasnya. 

Agus menambahkan jika dibandingkan dengan DPT pada Pemilu 2024, terjadi penurunan jumlah pemilih. Sebab pada Pemilu sebelumnya, DPT tercatat sekitar 10,8 juta pemilih. Penurunan ini disebabkan proses pemutakhiran data pemilih sejak Mei 2024.

"Jumlah pemilih memang bersifat dinamis. Penurunan ini bisa terjadi karena berbagai faktor seperti pemilih yang meninggal, pindah domisili, atau tidak lagi memenuhi syarat, seperti perubahan status menjadi anggota TNI atau Polri," tambahnya.

Proses pemutakhiran ini, tambahnya, telah melalui berbagai tahapan, mulai dari tingkat desa/kelurahan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS), rekapitulasi di tingkat kecamatan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), hingga penetapan di tingkat provinsi.

“Sesuai dengan tagline KPU Sumut, 'Rakyat Memilih, Rakyat Menentukan.' Mudah-mudahan dengan kampanye yang sehat, damai, sejuk, dan kondusif, kesadaran politik pemilih akan meningkat, sehingga mereka menjadi pemilih yang cerdas, cermat, dan objektif, " pungkasnya.

Pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut 2024, terdapat dua pasangan calon yang bersaing memperebutkan suara masyarakat Sumut antara lain mantu Presiden RI Jokowi Bobby Nasution berpasangan dengan Surya. Pasangan ini didukung oleh 10 partai politik yakni Golkar, Gerindra, Nasdem, PKB, PKS, PAN, Demokrat, PPP, Perindo dan PSI.

Kemudian calon gubernur petahana Edy Rahmayadi berpasangan dengan mantan Tenaga Ahli Menteri Agama yang juga kader Banser Hasan Basri Sagala. Keduanya diusung PDIP, Hanura, Partai Ummat, Partai Buruh, Gelora, PKN. (*) 

Baca Juga

Baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال