Etalase Barang Impor Luxury

PGN Komitmen Terus Pasok Gas Bumi untuk Sektor Kelistrikan, Dukung Transisi Energi

PGN Komitmen Terus Pasok Gas Bumi untuk Sektor Kelistrikan, Dukung Transisi Energi


Disrupsi.id, Jakarta
- PT PGN Tbk (Perusahaan Gas Negara) berkomitmen untuk terus menyediakan pasokan gas bumi yang stabil dan berkelanjutan guna mendukung sektor kelistrikan di Indonesia. Sebagai salah satu segmen pelanggan terbesar, sektor kelistrikan menjadi prioritas bagi PGN dalam memenuhi kebutuhan energi berbasis gas bumi, yang dikenal lebih ramah lingkungan dibandingkan bahan bakar minyak dan batu bara.

Direktur Komersial PGN, Ratih Esti Prihatini, menjelaskan bahwa penyaluran gas bumi untuk sektor kelistrikan sangat penting, mengingat pengaruhnya terhadap kesejahteraan masyarakat luas. 

"Penyaluran gas bumi untuk sektor kelistrikan terus kami jaga, pembangkit listrik yang menggunakan gas bumi memiliki nilai lebih. Mengingat gas bumi merupakan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan bahan bakar minyak atau batu bara," ujar Ratih pada Jumat (27/9/2024).

Sebagai bagian dari komitmen tersebut, PGN juga menjalin kemitraan strategis dengan PT PLN untuk memastikan kebutuhan listrik masyarakat terpenuhi. Fasilitas yang dioperasikan PGN, seperti FSRU Lampung, memainkan peran kunci dalam distribusi gas bumi yang stabil. FSRU Lampung ini terintegrasi dengan Pipa South Sumatera-West Java (SSWJ), yang menjadi tulang punggung pasokan LNG bagi sektor kelistrikan dan industri.

Selain itu, PGN mendukung inisiatif transisi energi Indonesia menuju target Net Zero Emission 2060. Berdasarkan dokumen Bappenas, periode 2025-2029 akan menjadi fase penting dalam transisi ini, di mana penggunaan gas bumi menjadi solusi utama di tengah pembatasan PLTU batu bara. PGN juga berencana memperluas program gasifikasi di berbagai sektor strategis untuk menggantikan energi berbasis fosil dengan gas bumi.

Atas kontribusinya dalam memenuhi kebutuhan energi sektor kelistrikan, PGN menerima penghargaan "Tanda Kehormatan Listrik Indonesia" pada Kamis (27/9/2024), dalam kategori Produsen/Pemasok Energi. Penghargaan ini merupakan pengakuan atas komitmen PGN dalam mendorong pemanfaatan gas bumi di pembangkit listrik nasional.

Ratih menutup dengan menekankan bahwa peningkatan penggunaan gas bumi di sektor kelistrikan akan memberikan efek ganda pada pertumbuhan ekonomi nasional serta membantu mengurangi emisi karbon.

Baca Juga

Baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال