Etalase Barang Impor Luxury

Dies Natalis ke-72, Muryanto Amin: USU Siap Sinkronkan Kurikulum dengan Kebutuhan Industri

Dies Natalis ke-72, Muryanto Amin: USU Siap Sinkronkan Kurikulum dengan Kebutuhan Industri
Rektor USU Prof Muryanto Amin SSos MSi saat memberikan sambutan di Dies Natalis USU ke-72

Disrupsi.id, Medan - Universitas Sumatera Utara (USU) merayakan Dies Natalis ke-72 dengan tema "Perkuat Ekosistem Pendidikan Tinggi Meraih Indonesia Emas". Rektor USU, Prof. Dr. Muryanto Amin, menekankan pentingnya melahirkan lulusan berkualitas global yang siap menjawab tantangan industri masa depan.

Untuk mencapai tujuan tersebut, USU fokus pada penguatan sinkronisasi dan akselerasi kurikulum dengan kebutuhan industri global. Strategi ini diimplementasikan melalui program unggulan "Plug and Play Graduate" (PNP Graduate). Program inovatif ini membekali mahasiswa dengan 40 SKS mulai semester 6, berfokus pada enam sub-program terintegrasi yang dapat dipilih sesuai minat dan tujuan karir.

"Mahasiswa diberikan kebebasan untuk memilih pelajaran sesuai dengan minat dan tujuan karier mereka. Setiap sub-program dirancang untuk memberikan pengalaman belajar terapan yang relevan dengan kebutuhan industri, termasuk program magang di industri, pembelajaran mandiri dan program sertifikasi," jelas Prof. Muryanto. Program PNP Graduate mencakup program magang industri, pembelajaran mandiri, dan program sertifikasi yang meningkatkan daya saing lulusan di dunia kerja.

Berbagai prestasi gemilang berhasil diraih USU di usia ke-72, baik di tingkat nasional maupun internasional. USU dinobatkan sebagai perguruan tinggi negeri terbaik pertama sebagai badan hukum dengan skor nilai kinerja anggaran 93,21 persen di lingkup Kemendikbudristek Dikti 2023. Di kancah internasional, USU menempati peringkat 401-450 QS Asia University Ranking dan peringkat 68 QS Asean.

Ketua Majelis Wali Amanat USU, Nurmala Kartini Panjaitan, menambahkan bahwa USU harus adaptif terhadap kebutuhan industri global. Penguasaan teknologi digital dan akhlak mulia menjadi fokus utama dalam mempersiapkan mahasiswa menghadapi tantangan zaman.

Perayaan Dies Natalis ke-72 USU dihadiri oleh Pj Gubernur Sumut, Agus Fatoni, unsur Forkopimda, dan berbagai undangan lainnya.


Baca Juga

Baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال