Etalase Barang Impor Luxury

El Adrian Shah: KNPI Sumut Siap Bersinergi dengan KPPU Kanwil I Wujudkan Iklim Usaha Sehat

El Adrian Shah: KNPI Sumut Siap Bersinergi dengan KPPU Kanwil I Wujudkan Iklim Usaha Sehat


Disrupsi.id, Medan
– Komitmen untuk membangun sektor perekonomian di Sumatera Utara semakin kuat. Hal ini ditunjukkan dengan kunjungan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sumatera Utara El Adrian Shah ke Kantor Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kantor Wilayah (Kanwil) I, didampingi oleh jajaran pengurus diantaranya Syaiful Amri, Hamzah Sinaga, Budi Nasution dan kader KNPI yang lainnya. 

Kunjungan ini bertujuan untuk memperkuat sinergi antara KNPI dan KPPU dalam menciptakan iklim persaingan usaha yang sehat di Sumatera Utara.

Dalam pertemuan tersebut, El Adrian Shah menyatakan bahwa KNPI siap mendukung visi misi KPPU dalam mewujudkan demokrasi ekonomi. Salah satunya adalah dengan berkolaborasi dalam mengawasi praktik persaingan usaha tidak sehat dan memberikan informasi terkait potensi pelanggaran, khususnya dalam pelaksanaan tender di Sumatera Utara.

“KNPI sejalan dengan visi misi KPPU dalam mewujudkan demokrasi ekonomi. Oleh karena itu KNPI siap berkolaborasi dengan KPPU Kanwil I untuk mengawasi praktek persaingan usaha tidak sehat dan memberikan informasi-informasi yang terjadi di masyarakat pada umumnya dan  mengenai kasus tender yang dilaksanakan di Sumatera Utara pada khususnya,” ujar El Adrian Shah.

Menyambut baik inisiatif KNPI, Kepala KPPU Kanwil I, Ridho Pamungkas, melihat banyak peluang kolaborasi yang bisa dijajaki. Selain pengawasan tender, Ridho juga menyinggung potensi kolaborasi dalam program “Sejuta Penyuluh Kemitraan”. Program ini bertujuan untuk memastikan kemitraan antara pelaku usaha besar dan UMKM berjalan adil dan setara.

“Konsepnya semua pelaku usaha punya kesempatan berusaha yang sama, namun pelaku usaha kecil terkendala akses pasar, modal, pengetahuan dan sebagainya, sehingga perlu bermitra dengan yang besar. Namun, posisi tawar yang tidak seimbang menjadi potensi untuk disalahgunakan, untuk itulah kita bisa bersama ikut mengawasi pelaksanaan kemitraan usaha mereka melalui program sejuta penyuluh kemitraan,” jelas Ridho.

Kolaborasi antara KPPU dan KNPI diharapkan dapat menciptakan iklim usaha yang kondusif, mendorong lahirnya pengusaha muda, dan membuka lapangan kerja baru. Hal ini sejalan dengan semangat Sumpah Pemuda untuk membangun perekonomian Indonesia yang lebih baik.

Sebagai langkah konkrit, El Adrian Shah mengajak KPPU untuk berkolaborasi dalam kegiatan sosialisasi program Sejuta Penyuluh Kemitraan kepada para pemuda dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda. Ajakan ini disambut baik oleh Ridho, yang berharap kegiatan tersebut menjadi awal dari kerjasama berkelanjutan antara KPPU dan KNPI.


Baca Juga

Baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال