Etalase Barang Impor Luxury

Tingkatkan Keselamatan Perjalanan Kereta Api, KAI Sumut Gelar Aksi Bersih Lintas


disrupsi.id - Medan | PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre I Sumatera Utara terus berupaya meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api dengan mengadakan kegiatan Bersih Lintas di jalur kereta api KM 8 + 200 menuju Stasiun Bandar Kalipah, Kamis (17/10).

Manajer Humas KAI Divre I Sumut, Anwar Solikhin, menyatakan kegiatan ini bertujuan untuk membersihkan jalur kereta dari potensi gangguan yang dapat membahayakan kelancaran perjalanan kereta api. Aksi ini melibatkan pembersihan rel dan area sekitarnya dari sampah serta benda-benda lain yang berpotensi mengganggu operasional kereta.

"Kami mengerahkan sekitar 100 personel, baik dari internal KAI maupun instansi keamanan eksternal, untuk memastikan jalur tetap bersih dan aman,” jelasnya.

Selain itu, PT KAI Divre I Sumut juga gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat, khususnya yang tinggal di sekitar jalur kereta api, agar tidak membuang sampah di area tersebut. Edukasi ini sangat penting untuk mendukung keselamatan perjalanan kereta sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian.

Anwar menambahkan, Pasal 173 undang-undang tersebut mengamanatkan masyarakat untuk turut menjaga ketertiban dan keamanan penyelenggaraan perkeretaapian.

Kemudian dalam Pasal 178, ditegaskan bahwa setiap orang dilarang mendirikan bangunan, pagar, atau menanam pohon tinggi yang dapat mengganggu pandangan dan membahayakan perjalanan kereta api. KAI mengimbau masyarakat untuk mengikuti aturan ini demi keselamatan bersama.

PT KAI tidak hanya fokus pada pembersihan jalur, tetapi juga mendorong kolaborasi dengan masyarakat sekitar untuk mewujudkan jalur kereta yang aman dan bersih. Masyarakat diimbau untuk tidak membuang atau membakar sampah di area jalur kereta, demi menjaga kelancaran perjalanan.

“Kami akan terus melakukan sosialisasi secara persuasif, agar masyarakat semakin sadar pentingnya menjaga kebersihan dan keamanan di jalur kereta api. Kepatuhan terhadap peraturan yang ada sangat berpengaruh terhadap kenyamanan dan keselamatan transportasi kereta api,” tambah Anwar.

Dengan jalur yang lebih bersih dan aman, diharapkan layanan kereta api di wilayah Sumatera Utara semakin nyaman bagi masyarakat. PT KAI juga memberikan apresiasi kepada warga yang telah berpartisipasi aktif dalam menjaga kebersihan di sekitar jalur kereta api. (*) 

Baca Juga

Baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال