Indosat Catat Kenaikan Penggunaan Data Hingga 10 Persen di Tahun Baru 2025


disrupsi.id - Medan | Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) mencatat peningkatan signifikan dalam lalu lintas data pelanggan selama periode libur Natal dan Tahun Baru 2025. Dengan mengandalkan lebih dari 190 ribu BTS 4G dan 103 BTS 5G yang tersebar di seluruh Indonesia, jaringan Indosat tetap optimal di momen pergantian tahun.

Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha menegaskan komitmen perusahaan untuk terus menghadirkan pengalaman digital yang mengesankan, terutama pada momen-momen penting seperti Tahun Baru.

"Kami berupaya menjadi layanan telekomunikasi digital pilihan utama di Indonesia melalui inovasi teknologi dan kesiapan sumber daya manusia," ujar Vikram.

Indosat memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan otomatisasi untuk menjaga kualitas jaringan selama lonjakan penggunaan data. Periode libur akhir tahun, yang berlangsung dari 22 Desember 2024 hingga 2 Januari 2025, mencatat puncak lalu lintas data pada 1 Januari 2025, dengan kenaikan lebih dari 10% dibandingkan hari biasa.

Adapun wilayah dengan peningkatan lalu lintas data tertinggi meliputi Sumatra (Baturaja, Palembang, Siantar, Padangsidimpuan), Kalimantan (Sintang, Singkawang, Sampit); Sulawesi (Gowa, Palu, Parepare), Wilayah Jabotabek, Jawa, dan Bali-Nusra juga mencatat peningkatan signifikan.

"Periode ini juga meliputi peningkatan popularitas layanan digital, dengan lima aplikasi yang mengalami lonjakan penggunaan tertinggi adalah WhatsApp, Tiktok, Instagram, Youtube, dan Facebook, " jelasnya.

Indosat memastikan jaringan tetap optimal melalui pemantauan dan pengelolaan intensif yang dilakukan selama 24/7 di Digital Intelligence Operations Center (DIOC). DIOC berperan penting dalam memantau dan menjaga performa jaringan secara real-time, memastikan pelanggan menikmati pengalaman digital terbaik sepanjang hari.

Dengan memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan sistem otomatisasi, ketersediaan serta kualitas jaringan dimonitor secara proaktif untuk mengatasi berbagai tantangan yang mungkin timbul demi kenyamanan pengguna. Dengan penerapan teknologi mutakhir ini, Indosat berhasil menurunkan tingkat keluhan pelanggan sebesar 36% dibandingkan rata-rata hari biasa. (*)

Baca Juga

Baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال