Selama Natal dan Tahun Baru, Penumpang Kereta Api di Sumut Capai 165.083 Orang


disrupsi.id - Medan | PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional I Sumatera Utara (Divre I Sumut) mencatat selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru yang berlangsung sejak 19 Desember 2024 - 5 Januari 2025, sebanyak 165.083 penumpang menggunakan moda transportasi kereta api.

"Angka ini mencatat kenaikan sebesar 11% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 148.801 penumpang. Rata-rata harian jumlah penumpang selama Nataru mencapai 9.172 orang," kata Manager Humas PT KAI Divre I Sumut, Anwar Solikhin.

Anwar Solikhin menyebutkan peningkatan ini menandakan tingginya kepercayaan masyarakat terhadap moda transportasi kereta api sebagai pilihan perjalanan yang aman, nyaman, dan tepat waktu.

“Kami mencatatkan kenaikan jumlah penumpang sebesar 16.282 dibandingkan tahun lalu. Angka ini mencerminkan animo masyarakat yang terus meningkat untuk menggunakan layanan kereta api selama libur panjang,” ungkap Anwar.

Untuk memenuhi kebutuhan yang meningkat, KAI Divre I Sumut menambah dua kereta api tambahan pada rute Medan–Rantauprapat, serta memaksimalkan formasi rangkaian kereta (stamformasi).

Tiga rute kereta api mencatat jumlah penumpang tertinggi selama periode Nataru, yaitu:
1. KA Putri Deli (Medan–Tanjung Balai PP) dengan 66.212 penumpang.
2. KA Sribilah Utama (Medan–Rantauprapat PP) dengan 58.705 penumpang.
3. KA Siantar Ekspres (Medan–Siantar PP) dengan 28.858 penumpang.

Selain volume penumpang yang meningkat, kinerja operasional KAI Divre I Sumut juga terjaga dengan baik. Tingkat ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan kereta mencapai 99%, menjadi salah satu faktor utama kepercayaan pelanggan.

“Tepat waktu, bebas macet, dan ramah lingkungan menjadikan kereta api pilihan transportasi andalan masyarakat,” tambah Anwar.

Stasiun Medan menjadi stasiun dengan volume penumpang tertinggi selama Nataru, melayani hingga 57.814 penumpang. Disusul oleh Stasiun Rantauprapat (17.365 penumpang), Stasiun Kisaran (17.155 penumpang), dan Stasiun Tanjung Balai (12.964 penumpang).

"Dalam rangka meningkatkan pengalaman pelanggan, Divre I Sumut menghadirkan berbagai layanan tambahan selama periode Nataru. Beberapa inovasi yang ditawarkan meliputi Customer Service Mobil (CSM) dan Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Medan, " urainya.

Tak hanya itu, penumpang juga bisa menikmati layanan hiburan seperti Game Zone dan karaoke gratis, fasilitas kopi dan snack gratis serta diskon tiket kereta api hingga pengoperasian overpass Stasiun Medan sebagai akses baru bagi penumpang.

"Langkah-langkah ini tak hanya mempermudah perjalanan penumpang, tetapi juga menambah kenyamanan dan kepuasan pelanggan. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan yang telah mempercayakan perjalanan mereka kepada KAI, " sebutnya. (*) 

Baca Juga

Baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال