disrupsi.id - Medan | PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional I Sumatera Utara menggelar Apel Gelar Pasukan Angkutan Lebaran 2025 pada Senin, 24 Maret 2025, di halaman Kantor Divre I Sumut.
Apel ini bertujuan untuk memberikan arahan kepada seluruh karyawan dan memastikan kesiapan optimal dalam mendukung kelancaran arus mudik dan balik selama 22 hari masa angkutan Lebaran, yang dimulai dari 21 Maret hingga 11 April 2025.
Vice President KAI Divre I Sumatera Utara, Sofan Hidayah yang memimpin langsung apel tersebut dan menekankan pentingnya keselamatan, kenyamanan, serta keamanan pelanggan selama masa angkutan Lebaran.
"Melalui Apel Gelar Pasukan ini, KAI Sumut menunjukkan komitmen tinggi dalam memberikan layanan terbaik kepada masyarakat," ujar Sofan.
Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, KAI Sumut menambah 61.688 kursi tambahan selama periode angkutan Lebaran 2025. Beberapa langkah yang diambil meliputi penambahan dua perjalanan KA Sribilah Utama Fakultatif relasi Medan – Rantau Prapat PP setiap hari.
Selain itu, setiap perjalanan KA Sribilah Utama reguler juga akan dilengkapi dengan tambahan satu kereta eksekutif dan satu kereta bisnis, serta penambahan kereta ekonomi pada KA Putri Deli relasi Medan – Tanjung Balai PP dan KA Siantar Ekspres relasi Medan – Siantar PP.
Untuk mendukung kelancaran operasional, KAI Sumut juga meningkatkan jumlah personel yang terlibat, dengan menambah 71 petugas operasional yang akan menjaga perlintasan sebidang, memeriksa jalur, dan menjaga daerah rawan.
Selain itu, 7 unit Customer Service Mobile (CSM) akan ditempatkan di Stasiun Medan, Kisaran, dan Rantau Prapat untuk memberikan layanan langsung kepada pelanggan, termasuk membantu proses boarding dan memberikan informasi terkait perjalanan.
KAI Sumut juga mengedepankan aspek keamanan selama masa angkutan Lebaran. Sebanyak 350 petugas pengamanan, yang terdiri dari personel internal KAI serta dukungan aparat TNI/Polri, telah disiapkan untuk menjaga ketertiban dan keamanan perjalanan kereta api.
Selain mempersiapkan operasional dan pengamanan, KAI Sumut juga menyelenggarakan berbagai program menarik untuk memeriahkan angkutan Lebaran. Beberapa program yang dihadirkan antara lain:
- Ramadhan Gift: Hadiah spesial untuk penumpang KA Sribilah Utama yang merayakan ulang tahun selama periode angkutan Lebaran.
- Gift & Souvenir: Pembagian hadiah dan suvenir untuk penumpang KA Sribilah Utama yang beruntung.
- Merchandise for Kids: Pembagian tumbler dan meal box ramah lingkungan kepada anak-anak sebagai bagian dari program Eco Green.
- Takjil Gratis: Pembagian takjil di Stasiun Medan pada 10 hari terakhir bulan Ramadan.
Dengan berbagai upaya ini, KAI Sumut berkomitmen untuk memberikan pengalaman perjalanan yang aman, nyaman, dan berkesan bagi para penumpang selama Angkutan Lebaran 2025.
Melalui persiapan matang, peningkatan kapasitas, serta program-program spesial, KAI Sumut menunjukkan dedikasi dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, memastikan arus mudik dan balik Lebaran 2025 berjalan lancar dan aman. (*)
Baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News.