disrupsi.id - Medan | PLN UP3 Sibolga kembali menegaskan komitmennya untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat selama Ramadan. Perusahaan ini meluncurkan dua program yakni APP Tarutung dan Tim Unit Reaksi Cepat (URC).
Melalui peluncuran dua program strategis, perusahaan ini berupaya meningkatkan efektivitas operasional dan revenue, serta memperkuat kualitas layanan bagi pelanggan.
APP Tarutung merupakan sebuah aplikasi inovatif yang mempermudah pemeliharaan kWh meter, komponen penting dalam transaksi penjualan listrik. Sebelumnya, proses pemeliharaan memakan waktu hingga 7 hari kerja.
Namun, dengan penerapan aplikasi ini, proses tersebut kini dapat diselesaikan dalam waktu hanya 1 hari kerja. Inovasi ini diharapkan menjadi model bagi unit-unit lain di PLN UID Sumut dalam menghadirkan layanan yang lebih efisien dan berbasis teknologi.
Program kedua yakni pembentukan Tim URC, yang bertujuan untuk mempercepat proses penyambungan pelanggan dengan target layanan sameday yang lebih optimal. Dalam tiga bulan terakhir, tim ini berhasil mencapai rata-rata layanan sameday sebesar 15-17%, menunjukkan hasil yang positif dari kolaborasi tim dan penerapan Standar Operasional yang solid.
General Manager PLN UID Sumut, Agus Kuswardoyo berpesan kepada anggota Tim URC untuk terus menjadi garda terdepan dalam memberikan layanan yang cepat, responsif, dan mengutamakan kepuasan pelanggan.
"Dengan terus mendorong digitalisasi dan inovasi, PLN berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang lebih cepat, efisien, dan berkualitas, seiring dengan transformasi PLN 2.0 yang berfokus pada digitalisasi dan pelayanan pelanggan," ujarnya.
Agus Kuswardoyo mengapresiasi acara ini dan berharap kegiatan serupa dapat memotivasi unit lainnya untuk mengembangkan inovasi yang memberikan dampak positif bagi masyarakat.
"Keberhasilan program APP Tarutung dan Tim URC harus menjadi motivasi bagi unit PLN lainnya untuk terus berinovasi demi meningkatkan kualitas layanan. Inovasi bukan sekadar simbol, tetapi harus menjadi bagian dari budaya kerja di PLN," pungkasnya.
Dengan kerja keras dan komitmen yang kuat, kita akan terus dapat memberikan layanan listrik yang lebih andal dan berkualitas bagi pelanggan. Dengan semangat Ramadhan, PLN UP3 Sibolga berkomitmen untuk terus berinovasi, meningkatkan efektivitas operasional, dan menyediakan layanan terbaik bagi masyarakat.
"Program-program ini menjadi langkah konkret dalam upaya menghadirkan layanan listrik yang semakin andal dan responsif, serta mendukung kemajuan digitalisasi di Indonesia," tegasnya. (*)
Baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News.